Selamat Datang

Kuucapkan terimakasih untuk teman teman yang mengiklhaskan sedikit waktunya untuk menengok karya poetra PETA....

Surga Kecil Mas Kusno (Bung Karno)

Minggu, 16 Agustus 2015

Blitar, tak kan bisa lepas dari nama yang satu ini Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Dari sabang sampai merauke, bahkan negara tetangga pun tahu menahu siapa yang akrab dipanggil Bung Karno itu. Namun, tahukah kawan bahwa sebelum menjadi presiden, Bung Karno memiliki panggilan romantis dari istri pertamanya Ibu Inggit Ginarsih. Engkus atau Kusno panggilan itulah yang keluar dari lantun suara merdu Sang permaisuri Mas Kusno.
Barusan itu, secuil tentang panggilan Bung karno semasa menjadi Kang Mas dari Diajeng Inggit Ginarsih. Nah, kini sedikit kuceritakan dimana Bung Karno Masa kecilnya. Namanya juga pejuang, penggerak dan Founding Father Kemerdekaan Indonesia tidaklah mengherankan jika sering berkeliling Indonesia berpindah-pindah tempat tinggal. Masa kecilnya, Bung Karno pernah dipayungi dari teriknya sang surya dan derasnya kucuran air hujan di sebuah bangunan kokoh sekitar dua hektar luasnya yang terletak di Jalan Sutan Agung Kota Blitar. 
Museum Gebang

Surga kecil Bung Karno itu sekarang menjadi Museum Gebang. Pada 20 Mei 1998 H. Soedjito ketua umum Dewan Harian Daerah Angkatan 45 Provinsi Jawa Timur telah mencantumkan tanda tanganya di sebuah papan marmer karena terselesaikanya pemugaran rumah keluarga Bung Karno. Layaknya sebuah museum, didalam Museum Gebang banyak sekali saksi-saksi bisu Bung Karno, mulai dari tempat tidurnya setelah beliau pulang sekolah dari Surabaya, foto-foto, karya lukis sampai mobil warna hitam mengkilat bernama Mercedez tipe 190 pabrikan Jerman yang digunakan Presiden Pertama itu.
Tahun 2012 seorang seniman lokal Dukut Hendronoto atau Pak Ooq sapaan akrabnya telah menyumbangkan hasil karyanya berupa patung Sang Proklamator berdiri kokoh diletakan didepan Museum Gebang. Di halaman Museum juga banyak warga lokal yang menyajikan berbagai pernak-pernik untuk oleh-oleh jika mengunjungi tempat ini, pastinya harganya sangat terjangkau dan tidak menguras kantong saku.
Sengaja tidak kuceritakan secara detail isi dalam Museum, biar pembaca makin penasaran dan akhirnya mengunjungi Museum ini. Kawan-kawan tidak akan rugi jika berwisata kesini, kalian akan disuguhi dan akan mengetahui serpihan Sejarah Presiden Pertama Rebublik Indonesia.


Ipan76 | Tekisik Aneka | Greenboxindonesia

0 komentar:

Posting Komentar